Tuesday, May 4, 2010

Awali Hari Bugar dengan Saluran Cerna Sehat

By :Taufiqullah Neutron (Masteropik)

Tahukah Anda, memulai hari yang menyenangkan dengan tubuh bugar dan sehat diawali dari tidak mengabaikan kesehatan saluran cerna. Mengapa demikian?  Karena, saluran cerna merupakan cermin kesehatan umum, dimana sebagian besar produksi imunitas untuk daya tahan tubuh berasal dari sana.  Saluran cerna dikatakan sehat jika: 
1. dapat mencerna, menyerap dan memanfaatkan nutrisi secara optimal;  
2. fungsi sistem imunitas terjaga sehingga daya tahan tubuh kuat; dan  
3. keteraturan usus membuang residu (tinja) yang berisi sisa makanan, kelembapan (air), kumankuman termasuk yang patogen serta berbagai toksin.  

Pembuangan residu yang tidak teratur dan tidak lancar sangat merugikan, karena akan diserap kembali oleh tubuh, termasuk toksin dan kuman patogen yang ada di dalamnya. Jika hal ini berkelanjutan dapat menjadi masalah berkepanjangan, dan dapat mengganggu sistem tubuh.  Bagaimana menjaga saluran cerna agar senantiasa sehat? Berbagai langkah dapat Anda lakukan, antara lain: 
1. pola hidup sehat; 
2. olahraga teratur; 
3. konsumsi makanan bergizi seimbang, empat sehat lima sempurna; dan 
4. cukup asupan serat.  Hal yang penting perlu diperhatikan adalah konsumsi serat Anda yang sering kurang bahkan terlewat dari daftar makanan sehari-hari. Padahal, fungsi serat sangat penting bagi kesehatan tubuh.  

Berdasarkan sifat kelarutannya, ada serat makanan larut dan tidak larut; keduanya memiliki fungsi saling terkait untuk saluran kesehatan cerna.  
- Sifat dan fungsi serat tak larut antara lain menahan air, tidak difermentasi, memberi volume dan berat feses, membersihkan usus besar, memberi rasa kenyang serta memperlambat penyerapan gula.  
- Sifat dan fungsi serat larut adalah pekat sehingga memperlambat waktu pengosongan lambung dan membuat rasa kenyang lebih lama, difermentasi oleh bakteri-baik usus, memperlambat penyerapan karbohidrat dan lemak, mempengaruhi komposisi bakteri usus menjadi lebih baik (efek prebiotik) dan meningkatkan penyerapan kalsium.  

Penting diingat bahwa serat bersifat menahan air; hal ini bermanfaat untuk melembapkan, melunakkan dan menambah berat feses. Karenanya, perlu minum cukup air agar fungsi serat optimum.  Kemajuan teknologi pangan yang berhasil melakukan ekstraksi serat larut dari makanan tertentu, memberi banyak manfaat. Konsumsi serat dengan volume kecil (tidak memenuhi ruang lambung), namun diperoleh jumlah dan manfaat serat yang besar.




back to top