Thursday, May 20, 2010

> Titik Berat

By :Taufiqullah Neutron (Masteropik)

Sebuah benda terdiri atas banyak partikel. Setiap partikel mempunyai massa oleh karena itu, tiap partikel mempunyai berat dan titik berat yang berbeda-beda. Partikel-partikel tersebut masingmasing mempunyai gaya berat w1, w2, w3, ..., wn dengan resultan gaya berat w.

Resultan dari seluruh gaya berat benda yang terdiri atas bagian-bagian kecil benda dinamakan gaya berat. Titik tangkap gaya berat inilah yang disebut titik berat.  
1. Menentukan Titik Berat Benda yang Bentuknya Tidak Teratur 
Untuk menentukan letak titik berat benda berupa keping tipis yang bentuknya tidak beraturan.   

2. Menentukan Titik Berat Benda yang Bentuknya Teratur 
Titik berat beberapa benda homogen yang berdimensi satu, dua dan tiga.  

3. Menentukan Titik Berat Benda dari Gabungan Beberapa Benda 
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap benda terdiri atas partikelpartikel yang masing-masing memiliki gaya berat. 

Semua gaya berat ini dapat dianggap sejajar satu sama lain. Berdasarkan cara penentuan koordinat titik tangkap gaya resultan.  Mengingat gaya berat w = m g sedangkan nilai g tergantung pada posisi benda dalam medan gravitasi, maka sebenarnya titik berat benda tidak sama dengan pusat massa. 

Namun, hampir semua persoalan mekanika hanya menyangkut benda-benda berukuran kecil dibandingkan jarak yang dapat memberikan perubahan nilai g yang signifikan.  Oleh karena itu, nilai g dapat dianggap seragam atau sama pada seluruh bagian benda. Akibatnya, titik pusat massa juga dapat dianggap sebagai satu titik yang sama. 

Koordinat titik pusat massa (Xpm, Ypm) dapat Anda turunkan dari koordinat titik berat benda.  
a. Titik Berat Benda-Benda Homogen Berbentuk Ruang (DimensiTiga) Massa benda berdimensi tiga (m) dapat ditentukan dari hasil kali massa jenis benda (      ) dengan volume benda (V). Koordinat titik pusat massa (Xpm, Ypm) pada benda berdimensi tiga dapat Anda turunkan dari koordinat titik berat benda.  

b. Titik Berat Benda-Benda Homogen Berbentuk Luasan Benda berbentuk luasan atau berdimensi dua merupakan benda yang ketebalannya dapat diabaikan sehingga berat benda sebanding dengan luasnya (A). 

c. Titik Berat Benda-Benda Homogen Berbentuk Garis Benda berbentuk garis atau berdimensi satu merupakan benda yang lebar dan tebalnya dapat diabaikan sehingga berat benda sebanding dengan panjangnya ( l ).




back to top