Wednesday, May 5, 2010

Jamur Dewa (Agaricus blazei murril atau Himematsutake)

By :Taufiqullah Neutron (Masteropik)

Jamur dewa adalah satu dari berbagai macam jamur yang dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes militus karena di dalam jamur dewa tersebut terkandung senyawa aktif, yaitu Beta 1.3 D glucan, polysaccharides, dan serat.  

Seperti diketahui bahwa diabetes militus adalah penyakit yang sangat mahal dan kompleks bagi kehidupan manusia. Penyakit ini dapat menurunkan kualitas hidup manusia dan berakibat fatal  dalam jangka panjang karena kerusakan pankreas sehingga tidak dapat menghasilkan insulin. 

Hal ini berakibat pada kenaikan gula darah. Jika tidak terkontrol, akan menyebabkan komplikasi pada ginjal, jantung, mata, kulit, kaki, sistem saraf, dan impotensi. 

Jamur dewa dengan kandungan senyawa seperti di atas jika dikombinasikan dengan sambiloto (Andrographis folium) yang mengandung flavonoid dan laktosa) dan teh hijau (Theae folium) yang mengandung polifenol, flavonoid, dan catechins, akan bermanfaat untuk mencegah dan menstabilkan kadar gula dalam darah dan memperbaiki sel beta pankreas sehingga dapat mengaktifkan kinerja pankreas untuk menghasilkan insulin serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.  

(Sumber: Tabloid Agrobis,)



back to top