Tuesday, May 11, 2010

> Transpos dan Kesamaan Dua Matriks

By :Taufiqullah Neutron (Masteropik)

Pada Subbab sebelumnya, Anda telah mempelajari matriks mulai dari defi nisi sampai jenis-jenisnya. Pada subbab ini akan dibahas transpos dari suatu matriks dan kesamaan dari dua matriks.  

1. Transpos Suatu Matriks 
Dalam mendapatkan informasi yang berbentuk tabel, kadang-kadang Anda mendapatkan dua tabel yang berbeda namun memiliki makna yang sama. Sebagai ilustrasi, perhatikan contoh berikut. Sebuah lembaga kursus bahasa asing memiliki program kursus Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Mandarin. 

Pada lembaga tersebut, jumlah kelas kursus pada setiap program di setiap harinya tidak selalu sama.  Misalkan A matriks sebarang. Transpos matriks A adalah matriks B yang disusun dengan cara menuliskan elemen setiap baris matriks A menjadi elemen setiap kolom pada matriks B. Transpos dari matriks A di lambangkan dengan B = At (dibaca: A transpos).  

2. Kesamaan Dua Matriks  
Definisi Kesamaan Dua Matriks Dua buah matriks dikatakan sama jika dan hanya jika keduanya memiliki ordo yang sama dan elemen-elemen yang seletak (bersesuaian) pada kedua matriks tersebut sama.




back to top